Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

ANGGY RAMADHANI SENJASARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggy Ramadhani Senjasari, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Self Concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self concept. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Pekanbaru dengan sampel penelitian kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran MID dan konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memiliki self concept tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian model pembelajaran MID berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self concept tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Concept.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:47
Last Modified: 09 Jan 2024 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76515

Actions (login required)

View Item View Item