ANGGY RAMADHANI SENJASARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anggy Ramadhani Senjasari, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Self Concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self concept. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Pekanbaru dengan sampel penelitian kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran MID dan konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memiliki self concept tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian model pembelajaran MID berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self concept tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Concept.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:47 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76515 |
Actions (login required)
View Item |