Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI TK IT ALMADINAH ARFAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

INDAH ANGGRAINI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI TK IT ALMADINAH ARFAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)

Abstract

INDAH ANGGRAINI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI TK IT ALMADINAH ARFAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR Penelitian Deskriptif Kuantitatifbertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan kotak Alfabet dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini TK IT Almadinah Arfah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai Oktober 2022. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik, objek penelitian adalah Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kotak Alfabet Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia TK IT Almadinah Arfah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini berjumlah 56 orang anak. Sampel penelitian berjumlah 32 orang anak, (kelas A1 dan A2), dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Pretest Post-Test Control Group Designdengan T-tes memiliki rumus > jika lebih besar dari maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil kelas eksperimen diperoleh 25,866 dan 1.753 dengan N=16 maka (25,866 > 1,753). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kelas kontrol didapatkan dan 1,753 dengan N=16 maka (10,310 > 1,753). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat disimpulkan perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 25,866=10,310, jadi kelas eksperimen mempunyai lebih besar dari pada kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Media Permainan Kotak Alfabet Dalam Meningkatkan Kemampun Kognitif Anak Usia Dini TK IT Almadinah Arfah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Media Permainan Kotak Alfabet Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:27
Last Modified: 09 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76510

Actions (login required)

View Item View Item