Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Suska Riau.

Abdul Rahman, - (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Suska Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdul Rahman ( 2023 ) : Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Suska Riau. Merdeka belajar bisa dikatakan merupakan otonomi dalam bidang pendidikan. Kebijakan otonomi pendidikan mulai dihidupkan kembali di era ini. Memerdekakan unit pendidikan, memerdekakan guru, memerdekakan peserta didik dapat merangsang munculnya inovasi-inovasi baru. Peserta didik dapat belajar secara mandiri dan kreatif, sehingga seluruh peserta didik Indonesia yang beraneka ragam suku dan kebudayaan dapat memiliki ragam cara belajarnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimanakah implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung? 2) Apa sajakah faktor yang menunjang implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung? 3) Apa sajakah faktor yang menghambat implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Hasil penelitian yang dapat penulis identifikasi adalah; Pertama, Bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung sudah dapat dikatakan baik berdasarkan beberapa item yang telah dilakukan oleh para majlis guru, sebagai manajer kepala UPT SMP Negeri 1 Tapung telah mampu dalam meningkatkan kompetensi guru di lingkungan UPT SMP Negeri 1 Tapung mampu mengelola lembaga pendidikan tersebut sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Kedua, Pakto pendukung terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 1 Tapung sunggu banyak diantaranya paktor psikis guru, paktor inteligensi siswa serta didukung sarana dan prasana yang sangat bagus. sedangkan Hambatan dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar adalah kementerian pendidikan nasional belum mensosialisasikan secaran berkala kepada sekolah, kurangnya pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah mengenai kurikulum mardeka belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:10
Last Modified: 09 Jan 2024 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76504

Actions (login required)

View Item View Item