PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMKN 1 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Khusnul Khotimah, (2011) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMKN 1 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011447.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan praktik kerja industri (variabel bebas/independen/ atau variabel X) dan kemampuan psikomotorik siswa (variabel dependen/terikat/ variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Sedangkan rumusab masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa praktik kerja industri kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian di SMKN 1 Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan hulu, sedangkan objeknya adalah pengaruh pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa. Populasinya adalah 32 siswa. Karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Dan variabel kedua bersifat data interval maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psiomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti) kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu, dengan Konstribusi pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa adalah 0,469 X 100% = 46,9 selebihnya ditentukan oleh variable lain. (observasi) 0,469 dari hasil analisis tersebut dapat diketahui df = 30, (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0, 349 (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,449 (0,469 > 0,349) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan praktik kerja industri (variabel bebas/independen/ atau variabel X) dan kemampuan psikomotorik siswa (variabel dependen/terikat/ variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Sedangkan rumusab masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa praktik kerja industri kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian di SMKN 1 Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan hulu, sedangkan objeknya adalah pengaruh pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa. Populasinya adalah 32 siswa. Karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Dan variabel kedua bersifat data interval maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psiomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti) kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu, dengan Konstribusi pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa adalah 0,469 X 100% = 46,9 selebihnya ditentukan oleh variable lain. (observasi) 0,469 dari hasil analisis tersebut dapat diketahui df = 30, (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0, 349 (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,449 (0,469 > 0,349) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan praktik kerja industri (variabel bebas/independen/ atau variabel X) dan kemampuan psikomotorik siswa (variabel dependen/terikat/ variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Sedangkan rumusab masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa praktik kerja industri kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian di SMKN 1 Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan hulu, sedangkan objeknya adalah pengaruh pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa. Populasinya adalah 32 siswa. Karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Dan variabel kedua bersifat data interval maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kemampuan psiomotorik siswa SMKN 1 Rambah kelas XI semester 2 program studi teknologi pengolahan hasil pertanian (pengolahan roti) kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu, dengan Konstribusi pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhadap kemampuan psikomotorik siswa adalah 0,469 X 100% = 46,9 selebihnya ditentukan oleh variable lain. (observasi) 0,469 dari hasil analisis tersebut dapat diketahui df = 30, (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0, 349 (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,449 (0,469 > 0,349) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Jan 2016 08:15
Last Modified: 12 Jan 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item