Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

IIS SOLEHAH, - (2023) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IIS SOLEHAH full.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Iis Solehah, (2023): Penerapan Project Based Learning dalam Mendukung Kemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Hidrokarbon Peserta didik saat ini merupakan generasi muda yang lahir di era digital, dimana semua informasi dapat diperoleh dengan mudah. Meskipun begitu, peserta didik perlu menerapkan literasi digital dalam dirinya. Akan tetapi masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam membedakan informasi atau berita yang benar di media digital, terjadinya penyebaran informasi yang bersifat hoax, masih menyalin ulang informasi yang diperoleh tanpa ditelaah terlebih dahulu, dan kurang mencerna dan menyeleksi kembali konten-konten yang dilihat di aplikasi YouTube. Oleh karena itu, butuh melakukan usaha untuk mendukung kemampuan literasi digital siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung kemampuan literasi digital siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sumpling dalam 48 orang siswa kelas XI IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian literasi digital siswa kelas XI IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru pada indikator pengumpulan informasi dengan persentase 70,8%, evaluasi informasi dengan persentase 68,2%, manajemen informasi dengan persentase 66,5%, pemrosesan informasi dengan persentase 65,9%, kerja sama tim dengan persentase 71.9%, kesadaran integritas dengan persentase 77,3% dan tanggung jawab sosial dengan persentase 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru mempunyai kemampuan literasi digital siswa dengan persentase 71.76% kategori baik. Kata Kunci: Project Based Learning, Literasi Digital, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:18
Last Modified: 09 Jan 2024 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76499

Actions (login required)

View Item View Item