Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN INTENSITAS SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DAN AKTIVITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTS SEKECAMATAN GUNUNG SAHILAN

MUHAMMAD SARPI, MS (2024) HUBUNGAN INTENSITAS SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DAN AKTIVITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTS SEKECAMATAN GUNUNG SAHILAN. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img] Text
SARPI BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
FINAL TESIS SARPI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas sholat Dzuhur berjamaah dan aktivitas membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik di MTs sekecamatan Gunung Sahilan sebanyak 138 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas sholat Dzuhur berjamaah berhubungan secara signifikan dengan kecerdasan emosional siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sementara itu, aktivitas membaca Al-Qur’an juga berhubungan secara signifikan dengan kecerdasan emosional siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil nilai signifikan 0,022 < 0,05. Terdapat hubungan signifikan antara intensitas shalat Dzuhur berjama’ah dan kegiatan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil nilai Fhitung > Ftabel (12,345 > 3,063) dengan besar konstribusi 15,5%. Ini berarti sumbangan hubungan variable independen terhadap variable dependen adalah sebesar 15,5%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:32
Last Modified: 09 Jan 2024 05:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76489

Actions (login required)

View Item View Item