Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM @samaracoffee.id SEBAGAI MEDIA PROMOSI SAMARA COFFEE DI PEKANBARU

Jenny Zelgia, Jenny (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM @samaracoffee.id SEBAGAI MEDIA PROMOSI SAMARA COFFEE DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang tidak hanya efektif untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk memberikan banyak informasi secara online baik informasi umum maupun informasi khusus dan juga sebagai media promosi. Contoh akun Instagram yang digunakan sebagai media promosi adalah @samaracoffee.id. Akun ini menyediakan banyak informasi seputar Samara Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan penggunaan Instagram @samaracoffee.id sebagai media promosi Samara Coffee di Pekanbaru. Dengan pengukuran menggunakan konsep efektivitas komunikasi menurut Andre Hardjana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk google form secara langsung kepada para pengunjung dengan 100 sampel yang sudah ditentukan, melalui teknik accidental sampling (teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan Instagram @samaracoffee.id sebagai media promosi Samara Coffee tergolong efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengumpulan data yang diukur dengan enam indikator yaitu penerima pesan (receiver) sebesar 73.76%, isi pesan (content) sebesar 78.28%, indikator media sebesar 73.2%, format pesan sebesar 78.93%, sumber pesan (source) sebesar 79.8% dan pada indikator ketepatan waktu (timing) sebesar 81.6%. Kesimpulan yang diperoleh dengan menggunakan rumus rata-rata semua indikator adalah 77.59% yang termasuk di kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi, Instagram, Media Promosi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:24
Last Modified: 09 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76482

Actions (login required)

View Item View Item