Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-FALAH TAPUNG HILIR

HELDA AMELIA SALIM, - (2023) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-FALAH TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HELDA AMELIA SALIM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Helda Amelia Salim, (2023) : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al- Falah Tapung Hilir Gaya kepemimpinan merupakan kemampuan pemimpin dalam melakukan pendekatan untuk mempengaruhi, membimbing dan mengarahkan atau mengelola orang lain agar mereka melakukan kegiatan dalam rangka tercapainya tujuan bersama. Penelitian ini mengkaji tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Falah Tapung Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Falah Tapung Hilir dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah sebagai informan inti serta kepala tata usaha sekolah, waka kurikulum, dan dua orang tenaga kependidikan sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan sudah dilakukan dengan baik, seperti mempunyai visi untuk pengembangan kepropesian staf, mampu membina dan mengembangkan serta memahami kualitas pelayanan staf, melakukan supervisi terhadap staf, memiliki pemikiran kreatif yang visioner, melakukan observasi dan evaluasi terhadap staf. . Faktor pendukungnya yaitu kerja sama dan rutin dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja tenaga kependidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pendanaan yang kurang memadai dan kurangnya fasiltas untuk staf. Berdasarkan hasil penelitian terdapat saran yang perlu dilakukan yaitu pihak sekolah hendaknya lebih memperhatikan faktor yang mempengaruhi guru merasakan kepuasan saat bekerja, sehingga akan terjaganya semangat kerja yang ada pada guru Kata Kunci : gaya kepemimpinan, tenaga kependidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:21
Last Modified: 08 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76457

Actions (login required)

View Item View Item