Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI/SEDERAJAT DI KECAMATAN KUOK

Kemala Fitri, - (2023) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI/SEDERAJAT DI KECAMATAN KUOK. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI/SEDERAJAT DI KECAMATAN KUOK Kemala Fitri Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Motivasi berprestasi merupakan konsep personal yang menjadi faktor pendorong untuk mencapai sesuatu yang diinginkan dengan sukses. Motivasi berprestasi adalah dorongan dalam diri individu untuk mendapatkan kesuksesan dengan segenap usaha dan kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan serta menjadi lebih unggul dibandingkan orang lain. Untuk mencapai motivasi berprestasi yang tinggi maka perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi baik faktor internal maupun eksternal. Penelitian terdahulu memperlihatkan peran efikasi diri dan dukungan sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri/Sederajat di Kecamatan Kuok. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 243 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri/Sederajat di Kecamatan Kuok. Pengumpulan data menggunakan skala adaptasi Motivation Achivment Inventory, General Self-Efficacy Scale, dan skala modifikasi the Child and Adolescent Social Support Scale. Hasil penelitian menunjukan hubungan yang signifikan dan positif antara efikasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan sumbangan efektif sebesar 22,5%. Kemudian terdapat hubungan signifikan dan positif antara dukungan sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi dengan sumbangan efektif sebesar 15,3%. Kata Kunci: Dukungan Sosial Orangtua, Efikasi Diri, Motivasi Berprestasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:44
Last Modified: 08 Jan 2024 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76452

Actions (login required)

View Item View Item