Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR`AN (BTQ) DI MADRASAH TSANWIYAH AL-KAUTSAR PEKANBARU

AHMAD HAIDIR, - (2023) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR`AN (BTQ) DI MADRASAH TSANWIYAH AL-KAUTSAR PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Haidir (2023): Implementasi Kompetensi Profesional Guru Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di MTs Al-Kautsar Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi professional guru baca tulis Al-Qur`an (BTQ) di MTs Al- Kautsar Pekanbaru dan faktor pendukung dan penghambat nya. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru al-quran berjumlah 3 orang, kepala madrasah dan siswa MTs Al-Kautsar. Instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengolahan data interaktif. Temuan analisis data mengungkapkan bahwa dalam implementasi kompetensi professional guru terdapat tiga tahap : pertama perencanaan yaitu dengan mengikuti pelatihan guru setiap akan mulai tahun ajaran baru, Kedua pelaksanaan yaitu proses kegiatan belajar dan mengajar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sekolah, dan Ketiga evaluasi yaitu masukan dan perbaikan yang disampaikan oleh kepala madrasah. Faktor pendukung dalam implementasi kompetensi guru pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur`an adalah adanya pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, mendapat dukungan dari pimpinan, dan sistem penghargaan atas kinerja guru. Faktor penghambatnya adalah gelar akademik guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, kurangnya minat guru untuk berinovasi, dan tugas-tugas administrasi guru yang dianggap memberatkan. Kata Kunci : Implementasi, Kompetensi Profesional, Guru, Baca Tulis Al- Qur`an.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:56
Last Modified: 08 Jan 2024 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76430

Actions (login required)

View Item View Item