Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Rancang Bangun Alat Monitoring dan Penyiraman Tanah Otomatis Menggunakan Drip Irrigation pada Perkebunan Terong Berbasis Arduino Uno R3

ISKARIMAN HALMAHERA AMAL, - (2023) Rancang Bangun Alat Monitoring dan Penyiraman Tanah Otomatis Menggunakan Drip Irrigation pada Perkebunan Terong Berbasis Arduino Uno R3. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan lahan kosong di Riau memiliki potensi besar di masyarakat termasuk tanaman hortikultura salah satunya terong. Terong adalah salah satu tumbuhan hortikultura yang mampu bertahan hidup pada ketinggian 1 – 1.200 diatas permukaan laut. Menurut Badan Pusat Statistik(BPS) Riau produksi terong di Provinsi Riau mengalami penurunan dari tahun 2016 dimana salah satunya adalah kota Pekanbaru. Dari wawancara Bersama Pak Anda salah satu pembudidaya terong di Pekanbaru menyebutkan bahwasannya salah satu masalah yang sering dihadapi saat menanam terong ialah cuaca panas ekstrim. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat yang dapat membantu dalam penjagaan kelembapan tanah pada cuaca ektrim agar tetap pada kondisi optimal 40%-50% serta mampu dilakukan monitoring dari smartphone. Metode penyiraman menggunakan drip irrigation yaitu mengalirkan air melalui selang untuk dialirkan ke tumbuhan melalui lubang kecil atau sprinkler, dan metode penelitian yang dipakai pada penelitian ialah deskriptif kuantitatif, dengan metode ini akan diungkapkan kemampuan alat penyiraman dan monitoring berdasar kondisi rill dan juga dijelaskan melalui data dan angka. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat penyiraman otomatis dapat mengontrol penyiraman dan juga mengontrol kelembapan, Dimana hasil pengujian menunjukan rentang nilai kelembapan berada pada 41% - 58%, alat juga dapat dimonitoring melalui smartphone menggunakan IoT Remote, dan dapat diimplementasikan pada Perkebunan menggunakan metode penyiraman drip irrigation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:38
Last Modified: 08 Jan 2024 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76403

Actions (login required)

View Item View Item