Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X DI MAN 3 KOTA PEKANBARU

SALSA RAHMAWATI OKTA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X DI MAN 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

SALSA RAHMAWATI OKTA (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X DI MAN 3 KOTA PEKANBARU Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X di MAN 3 kota pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain nonequivalent group posttest control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes atau penugasan membuat teks anekdot. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t-tes (Independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan dua hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes kemampuan menulis teks anekdot siswa yang diajarkan menggunakan media gambar adalah 80,37 (Baik). sedangkan nilai ratarata tes kemampuan menulis teks anekdot siswa yang tidak diajarkan menggunakan media gambar adalah 70,23 (Cukup). Kedua, terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X di MAN 3 Kota Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai thitung > ttabel (3,676 > 1,671). Perbedaan nilai pada uji-t menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan media gambar. Kata Kunci : Media Gambar, Menulis Teks Anekdot

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:44
Last Modified: 05 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76401

Actions (login required)

View Item View Item