Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM LARANGAN MELEDAKKAN PETASAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH ROKAN HILIR NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG KETERTIBAN UMUM DI KABUPATEN ROKAN HILIR (Studi kasus di Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat)

SUGIANTI, - (2023) EFEKTIVITAS PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM LARANGAN MELEDAKKAN PETASAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH ROKAN HILIR NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG KETERTIBAN UMUM DI KABUPATEN ROKAN HILIR (Studi kasus di Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUGIANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sugianti (2023): Efektivitas Peran Serta Masyarakat Dalam larangan Meledakkan Petasan Berdasarkan Peraturan Daerah Rokan Hilir Nomor 03 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum Di Kabupaten Rokan Hilir (Studi Kasus Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat) Penelitian ini di latar belakangi oleh peran serta masyarakat dalam larangan meledakkan petasan di Kabupaten Rokan Hilir tepatnya di kepenghuluan Bagan Sinembah Barat. Namun di dalam peraturan Daerah ini masih belum efektif disebabkan beberapa faktor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas peran serta masyarakat dalam larangan meledakkan petasan berdasarkan Peraturan Daerah Rokan Hilir Nomor 3 Tahun 2014 tentang ketertiban umum di Kabupaten Rokan Hilir, dan apa saja faktor yang mempengaruhi efektivitas peran serta masyarakat dalam larangan meledakkan petasan berdasarkan Peraturan Daerah Rokan Hilir Nomor 3 Tahun 2014 tentang Ketertiban di Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilakukan di Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir. Metode dalam penelitian ini adalah hukum sosiologis dan sifat dalam penelitian ini adalah secara deskriptif dengan metode penelitian purposive sampling sumber datanya berasal dari data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data melalui data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif. Efektivitas peran serta masyarakat dalam larangan meledakkan petasan berdasarkan Peraturan Daerah Rokan Hilir Nomor 3 Tahun 2014 tentang ketertiban umum di Kabupaten Rokan Hilir masih beum maksimal dan perlu untuk ditingkatkan lagi dalam hal sosialisasinya. Kemudian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dalam efektivitas larangan meledakkan petasan seperti kaidah hukum atau peraturan itu sendiri, faktor kesadaran hukum masyarakat, faktor kebudayaan. Kata Kunci: Efektivitas, Peran Serta Masyarakat, Petasan, Ketertiban Umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:30
Last Modified: 05 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76399

Actions (login required)

View Item View Item