Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konsep Fitrah Based Education dan Penerapannya di SDS Alam Duri” Tesis Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Gusnita, - (2023) Konsep Fitrah Based Education dan Penerapannya di SDS Alam Duri” Tesis Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gusnita, NIM 22290120095: “Konsep Fitrah Based Education dan Penerapannya di SDS Alam Duri” Tesis Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan dalam menjaga dan menumbuhkan fitrah peserta didik di SDS Alam Duri. Oleh karena itu, penelitian ini dikonsentrasikan pada manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan berbasis fitrah. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara cermat, teliti dan berdasarkan nilai-nilai ilmiah. Sedangkan teknik analisis data yang digun akan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalah SDS Alam Duri. Sebuah sekolah yang menjadi ikon bagi masyarakat Semarang karena satu-satunya sekolah yang menekankan pada pendidikan karakter berbasis fitrah peserta didik. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru Mata Pelajaran dan Diniyyah dengan pertimbangan karena mereka terlibat langsung dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan berbasis fitrah di SDS Alam Duri dan mengetahui informasi secara akurat tentang manajemen kurikulum pendidikan berbasis fitrah di SDS Alam Duri. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah; Perencanaan manajemen kurikulum berbasis fitrah di SDS Alam Duri Semarang diawali dengan menetapkan nilai-nilai inti pendidikan berbasis fitrah dan karakter yang akan di internalisasikan kepada peserta didik dalam sebuah visi, misi dan tujuan, setelah itu dibuat perencanaan pembelajaran tematik yang berdasar pada fitrah dan karakter. Langkah berikutnya adalah pengorganisasian dengan melibatkan semua sumberdaya yang ada untuk melaksanakan pembelajaran tematik dan aktifitas pembiasaan. Pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah di SDS ALAM DURI dengan memasukkan unsur-unsur fitrah dan karakter, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga, sehingga fitrah sucinya tetap terjaga dan tumbuh sesuai perkembangan usianya. Diantaranya dengan kegiatan pembiasaan yang positif, antara lain: Berdoa sebelum mengawali belajar, dengan tujuan untuk menumbuhkan fitrah keimanan. Membiasakan membaca buku di perpustakaan untuk menumbuhkan fitrah belajar. Kegiatan brain gym, bertujuan untuk menumbuhkan fitrah bakat. Evaluasi kurikulum pendidikan berbasis fitrah di SDS Alam Duri, tidak hanya dilaksanakan setiap bulan, semester dan akhir tahun, akan tetapi insidental dengan melihat situasi dan kondisi. Kata kunci : pendidikan dan fitrah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:04
Last Modified: 05 Jan 2024 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76396

Actions (login required)

View Item View Item