Febby Kurniawan, - (2023) PENGUKURAN TINGKAT LAYANAN HELPDESK MENGGUNAKAN COBIT 5. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (3). pp. 1457-1463. ISSN 2723-3898
|
Text
Draft TA Febby Kurniawan.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau merupakan instansi pemerintahan yang bertugas dalam merumuskan kebijakan, melakukan evaluasi dan pelaporan dibidang teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai sektor masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau memiliki salah satu layanan yaitu helpdesk untuk membantu dalam penanganan permasalahan terkait penggunaan teknologi informasi. Helpdesk menjadi salah satu bagian terpenting dalam Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau karena merupakan penghubung bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun helpdesk di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau (Diskominfotik) belum memiliki tolak ukur yang bisa digunakan untuk mengevaluasi kinerja sistem helpdesk tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat atau level layanan helpdesk dalam mengoptimalkan teknologi informasi dengan menggunakan framework COBIT 5 dan berfokus pada Domain DSS03. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai 8 orang responden yang terlibat dalam helpdesk tersebut dan memiliki 27 pertanyaan pada domain DSS03. Penelitian ini mendapatkan hasil pengukuran tingkat kapabilitas layanan helpdesk di Diskominfotik Provinsi Riau berada pada level 4 yaitu Predictable Process dimana diskominfotik telah menjalankan proses TI sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan tetapi perlu melakukan perbaikan yang berkelanjutan agar bisa sampai pada target level yang ingin dicapai yaitu berada pada level 5 Optimizing Process.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:07 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76385 |
Actions (login required)
View Item |