Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KEWENANGAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) PRESFEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM DI KABUPATEN KAMPAR

HAMDI ZIKRON, HZ (2024) IMPLEMENTASI KEWENANGAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) PRESFEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM DI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img] Text
5. BAB IV hamdi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
tesis Hamdi Zikron OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari badan pusat statistik (BPS) provinsi Riau pada tahun 2021, angka perceraian di kabupaten Kampar cukup tinggi. Ini menandakan bahwa realitas sosial masyarakat Kampar tidak berbanding lurus dengan julukan Kampar sebagai serambi Makkah. Dalam Sosiologi Keluarga disebutkan bahwa keluarga adalah kelompok sosial terkecil dalam masyarakat. BP4, di Indonesia adalah sebuah lembaga yang diberi tugas dan pungsi untuk mendamaikan suami-isteri yang bersengketa atau memberi nasehat perkawinan kepada calon suami isteri yang merencanakan perkawinan. Judul penelitian ini adalah “Implementasi Kewenangan Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Prespektif Sosiologi hukum Islam di Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kewenangan BP4 dalam Menekan Angka Perceraian di Kabupaten Kampar, untuk mengetahui nilai sosial apa saja yang mendukung BP4 dalam upaya menekan angka perceraian di kabupaten Kampar, dan bagaimana tinjauan Sosiologi Hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan oleh BP4 Kabupaten Kampar. Metode penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan Yuridis Sosiologis. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari data yang ada di lapangan, berupa wawancara dengan pihak terkait dalam proses penelitian. Data sekunder didapat dari data kepustakaan, baik berupa buku-buku, undang- undang, maupun Jurnal Ilmiah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, Satu, upaya yang telah dilakukan oleh BP4 kabupaten kampar dalam menekan angka perceraian adalah dengan melaksanakan bimbingan perkawinan dan penyuluhan secara terjadwal kepada peserta bimbingan perkawinan dimasing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Kampar. Dua, Nilai sosial yang mendukung bp4 dalam melaksanakan tugas dan fungsinya adalah nilai dukungan dari pemerintah, nilai dukungan dari ninik mamak pemangku adat, dan nilai yang di topang oleh dana. Tiga, tinjauan Sosilogi Hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan oleh BP4 Kabupaten Kampar memiliki bentuk keselarasan yang sama secara teoritis, hal ini ditandai dengan adanya bimbingan dan penyuluhan perkawinan yang telah dilakukan oleh BP4 kabupaten Kampar sesuai dengan tugas pokok dan pungsinya, dan diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Kampar secara Sosiologis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:08
Last Modified: 04 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76383

Actions (login required)

View Item View Item