Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN WANITA BEKERJA DALAM MENUNJANG PENDAPATAN KELUARGA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA PABRIK KERUPUK SANJAI RINA KOTA PAYAKUMBUH)

NURMAI SYARAH, - (2023) PERAN WANITA BEKERJA DALAM MENUNJANG PENDAPATAN KELUARGA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA PABRIK KERUPUK SANJAI RINA KOTA PAYAKUMBUH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURMAI SYARAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurmai Syarah (2023): Peran Wanita Bekerja Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Pabrik Kerupuk Sanjai Rina Kota Payakumbuh) Penelitian ini dilatar belakangi oleh seiring dengan meningkatnya pembangunan industri disetiap daerah, memicu seseorang untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Peran wanita dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi menjadi suatu keharusan, akibat semakin mendesaknya kebutuhan hidup bagi perempuan yang berperan ganda. Tenaga kerja usaha kerupuk Sanjai Rina di dominasi oleh kaum wanita, Peran wanita bekerja dalam membantu pendapatan keluarga menganggap bahwa mereka dapat meringankan beban suami mengingat kebutuhan hidup semakin sukar dipenuhi oleh penghasilan suami, sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan pekerja serta peran aktif karyawan wanita pabrik Sanjai Rina dalam menunjang pendapatan keluarga menurut perspektif Ekonomi Syariah. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Yang berlokasi di Pabrik Kerupuk Sanjai Rina Kota Payakumbuh. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 9 Karyawan wanita yang bekerja di Pabrik kerupuk Sanjai Rina. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel jenuh yaitu berjumlah 9 orang yang sudah berkeluarga. Sebagai data primer yang dihimpun dari karyawan wanita pabrik Sanjai Rina. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitiaan ini adalah (1) Karyawan wanita pabrik Sanjai Rina kota Payakumbuh memiliki peran dalam meningkatkan pendapatan keluarga serta dampak positif bagi kesehjateraan ekonomi rumah tangga. Terutama pada aspek pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, kelengkapan rumah tangga. Biaya pendidikan anak-anak dan kebutuhan lainnya. Pendapatan itu berkisar dari Rp. 350.000- Rp. 700.000 rupiah/minggu. Karena penghasilan suami yang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari maka wanita pun ikut andil dalam memenuhi kebutuhan guna kelangsungan hidup keluarga, dengan wanita bekerja dia mampu untuk meringankan beban suami. (2) Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap peran wanita bekerja di pabrik Sanjai Rina Kota Payakumbuh dalam meningkatkan pendapatan keluarga sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Syariah, dimana para karyawan wanita bekerja atas izin suami nya dan guna kemaslahatan di dalam keluarga. Kata Kunci : Peran Wanita Bekerja, Pendapatan keluarga, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:41
Last Modified: 04 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76381

Actions (login required)

View Item View Item