Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzib al Akhlaq dan Relevansinya Dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis.

Jumari, - (2023) Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzib al Akhlaq dan Relevansinya Dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Jumari NIM : 22290110034 Judul : Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzib al Akhlaq dan Relevansinya Dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian membahas secara komprehensif tentang pendidikan akhlak perspektif Ibnu Miskawaih yang terdapat dalam kitabnyaTahdzib al-Akhlaq dan relevansinya dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih yang terdapat dalam kitabnya Tahdzib al-Akhlaq dan relevansinya terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis yang di dalamnya terdapat mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif, yaitu data yang diperoleh berupa narasi, gambar dan perilaku. Hasil penelitian ini tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif, sifatnya menganalisa dan memberi pemaparan mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk naratif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian library research yakni dengan mengumpulkan, menelaah dan mengkaji data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak perspektif Ibnu Miskawaih dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu tentang pendidikan akhlak yang terdapat dalam Tahzib al-Akhlaq serta kurikulum akidah akhlak dari Kementerian Agama. Sedangkan data sekunder merupakan data-data yang mendukung data primer, yaitu buku-buku tentang pendidikan akhlak dan literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini yakni konsepsi pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih relavan terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Karena konsep yang beliau tawarkan dalam kitabnya, menekankan pembangunan pendidikan akhlak. Hal itu tentu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat Muslim Indonesia yang nilai-nilai akhlaknya masih jauh tertinggal bahkan banyak yang bertentangan akhlak Islami. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Ibnu Miskawaih, Tahdzib al-Akhlak, Kurikulum PAI

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:37
Last Modified: 04 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76375

Actions (login required)

View Item View Item