SRI MUHARNI, - (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KECAMATAN MANDAU KEBUPATEN BENGKALIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Dengan adanya kurikulum tujuan pendidikan Nasional akan jelas arah yang akan ditempuh sebuah kurikulum, maka diperlukan adanya ide kurikulum terbaru seperti halnya kurikulum terpadu. Kurikulum terpadu dapat menambah wawasan tersendiri untuk mendalami sebuah kurikulum. Dalam kurikulum terpadu guru harus berwawasan luas, kreatifitas tinggi, keterampilan metodologis handal, rasa percaya diri tinggi, dan berani mengemas serta mengembangkan materi. Secara akademis guru dituntut untuk terus menggali informasi ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan, banyak membaca buku agar penguasaan bahan ajar tidak terfokus pada bidang kajian tertentu saja. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Aljauhar, yang berdiri sejak 2005, berawal dari kumpulan komunitas Ikatan Keluarga Haji Duri melihatlulusan – lulusan sekolah dasar dari sekolah lain yang mondok di pesantren dan pesantren setara dengan SMP Sederajat. Sumber data dari Informan kunci yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan Guru PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, maka digunakan deskripsi kualitatif. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data dari informan penelitian. Maka peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama. Pelaksanaan Implementasi kurikulum SIT dalam pembelajaran PAI di SDIT Aljauhar Duri dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen kurikulum yaitu merumuskan filosofi kurikulum SIT yang terintegrasi, merumuskan perencanaan kurikulum, Kurikulum dievaluasi oleh tim pengembang dan penyusun kurikulum. Kedua, Adapun tujuan dari Pelaksanaan Kurikulum SIT dalam pembelajaran PAI di SDIT Aljauhar Duri telah tercapai, bisa dilihat dari perkembangan dan penyusunan serta pelaksanaan telah mengacu pada tujuan lembaga, cita-cita pengintegrasian dan dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah, kondisi peserta didik keberagaman potensi, kebutuhan masyarakat, kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan yang terdapat di sekolah. Ketiga, Faktor-faktor yang mendukung implementasi kurikulum sesuai potensi dan kemampuan siswa, jumlah guru yang memadai dan berkompeten, kesamaan visi dan misi antara kepala sekolah dan JSIT, guru dan karyawan, motivasi belajar yang tinggi pada guru dan siswa, adanya dukungan dari orang tua siswa serta sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat implementasi kurikulum adalah minimnya minat baca untuk menambah wawasan terkait inovasi pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Islam Terpadu
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:35 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76373 |
Actions (login required)
View Item |