Fifi Rubianti, - (2023) Pengaruh Pengeloaan Kelas dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Fifi Rubianti : Pengaruh Pengeloaan Kelas dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandau Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran terhadap peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dalam periode tertentu yang dapat diukur menggunakan instrumen yang relevan. Di lapangan ada beberapa gejala masalah penulis temukan tentang prestasi belajar, Ternyata, di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandau, guru masih butuh inovasi kreatifitas dalam menguasai pengelolaan kelas, tentu hasil pengelolaan yang tidak maksimal akan bertentangan dengan harapan prestasi yang diinginkan, meskipun guru telah memakai beberapa pendekatan kreatifitas, namun masih ada peserta didik memperoleh prestasi yang rendah. Untuk itu penulis meneliti dengan judul penelitian, pengaruh Pengeloaan Kelas dan Minat Siswa dengan Prestasi Belajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandau ini masuk dalam kategori penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun Sumber yaitu siswa, 20 orang siswa dari masing-masing SDN seKecamatan Mandau. Sedang objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas, minat siswa dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dengan skala likert. Sedangkan untuk menganalisis data, maka digunakan SPSS 26. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data dari sumber penelitian. Maka peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama. Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar, di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandau. Dari observasi gaya mengajar mencerminkan bagaimana pelaksanaan pengajaran guru yang bersangkutan, yang dipengaruhi oleh pandangannya sendiri tentang mengajar, konsep-konsep yang digunakan, serta kurikulum yang dilaksanakan. Pengelolaan kelas di Sekolah Dasar Negeri 21, 09 dan 32 Mandau terbilang cukup efektif dan efisiensi karena guru mampu mendesain kelas agar terlihat lebih nyaman dan kreatif. Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mandau diperoleh hasil dari Anova didapat bahwa sign 0,000 < 0,05, Y = 0,945+0,30 X1 +0,39 X2+ε. Artinya minat belajar memiliki pengaruh yang sangat kuat dan memiliki korelasi positif terhadap prestasi belajar. Secara bersamaan kedua variable ini memiliki pengaruh kuat yang positif terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Agama islam di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mandau. Kata Kunci: Kepribadian, Kompetensi Sosial, profesionalis
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:40 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76372 |
Actions (login required)
View Item |