Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SUPERBIONIK DAN SP-36 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Zainal Abidin, - (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SUPERBIONIK DAN SP-36 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SUPERBIONIK DAN SP-36 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) Zainal Abidin (11980212559) Di bawah Bimbingan Tiara Septirosya dan Ahmad Taufiq Arminudin INTISARI Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan tanaman kacang-kacangan yang mengandung gizi baik. Penyebab utama yang mengakibatkan penurunan produksi adalah kurangnya kesuburan tanah dan kandungan unsur hara dalam tanah. Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas kacang tanah yaitu menggunakan pupuk organik cair (POC) superbionik dan pupuk SP-36. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis pupuk organik cair superbionik dan dosis pupuk SP-36 yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan penelitian UARDS dan laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian telah dilakukan dari bulan Februari -Mei 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAK) 2 faktor. Faktor pertama yaitu faktor pupuk organik cair superbionik dengan 3 taraf perlakuan yaitu 0 ml pertanaman, 3 ml pertanaman, dan 6 ml pertanaman. Faktor kedua yaitu faktor pupuk SP-36 yang terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu 0 g pertanaman, 0,6 g pertanaman, dan 1,2 g pertanaman. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah polong bernas, jumlah bintil akar, berat polong basah dan berat polong kering pertanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara POC superbionik dan SP-36 terhadap parameter berat polong basah pertanaman pada kacang tanah. Aplikasi POC superbionik dan SP-36 memberikan pengaruh yang sangat nyata pada setiap parameter pertumbuhan dan hasil kacang tanah varietas gajah. Penggunaan POC superbionik dosis 6 ml pertanaman dan SP-36 1,2 g pertanaman menunjukkan respon terbaik terhadap setiap parameter pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Kata kunci: kacang tanah, pupuk, unsur hara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:14
Last Modified: 04 Jan 2024 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76363

Actions (login required)

View Item View Item