Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI EFEKTIVITAS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LIMBAH KULIT BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTOMAT (Solanum lycopersicum L.)

Helmi Sasmita, - (2023) UJI EFEKTIVITAS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LIMBAH KULIT BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTOMAT (Solanum lycopersicum L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UJI EFEKTIVITAS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LIMBAH KULIT BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTOMAT (Solanum lycopersicum L.) Helmi Sasmita (11980220482) Di bawah bimbingan Tiara Septirosya dan Syukria Ikhsan Zam INTISARI Kulit bawang merah merupakan salah satu limbah dapur yang belum banyak dimanfaatkan dengan baik. Kulit bawang merah memiliki kandungan N sebesar 0.13%, P sebesar 4% dan K sebesar 5%, oleh karena itu kulit bawang merah berpotensi dijadikan sebagai pupuk organik cair (POC) untuk kesuburan tanah dan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi terbaik pemberian POC limbah kulit bawang merah pada pertumbuhan dan hasil tomat. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan percobaan UIN Agriculture Research Development Station (UARDS), Fakultas Pertanian dan Perternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dimulai bulan Februari hingga Mei 2023. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktor tunggal, dengan perlakuan pemberian pupuk organik cair limbah kulit bawang merah yang terdiri dari 5 taraf perlakuan yaitu NPK sebagai kontrol (2,5 gram per aplikasi), 50 ml, 100 ml, 150 ml dan 200 ml POC limbah kulit bawang merah per aplikasi. Diulang sebanyak 10 kali sehingga didapatkan 50 unit percobaan. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman dan berat buah pertanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian POC limbah kulit bawang merah memberikan pengaruh sangat nyata pada setiap parameter mulai dari tinggi tanaman, diameter batang, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman dan berat buah pertanaman. Pemberian 200 ml POC limbah kulit bawang merah merupakan perlakuan terbaik dibandingkan taraf perlakuan lainnya. Kata kunci: kesuburan tanah, NPK, pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:25
Last Modified: 04 Jan 2024 01:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76362

Actions (login required)

View Item View Item