Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK PENGAMBILAN UPAH BERAS PADA PENGGILINGAN PADI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DESA MALINTANG KABUPATEN MANDAILING NATAL)

MHD TOHA, - (2023) PRAKTIK PENGAMBILAN UPAH BERAS PADA PENGGILINGAN PADI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DESA MALINTANG KABUPATEN MANDAILING NATAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MHD TOHA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mhd Toha, (2023), Praktik Pengambilan Upah Beras pada Penggilingan Padi Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Desa Malintang Kabupaten Mandailing Natal) Penelitian ini di latarbelakangi oleh praktik pengambilan upah beras pada penggilingan padi di desa Malintang Kabupaten Mandailing Natal, pengambilan upah beras dilakukan oleh pemilik penggilingan padi saat petani menggiling padi di tempat penggilingan. Cara ini menimbulkan spekulasi dari kedua belah pihak. Rumusan masalah penelitian bagaimana praktik pengambilan upah beras pada penggilingan padi di desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal, bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap praktik pengambilan upah beras pada penggilingan padi di desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pembayaran upah menggiling padi menurut ekonomi syariah terhadap praktik upah menggiling padi yang dibayar dengan beras. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini adalah pemilik penggilingan padi, karyawan penggilingan padi dan petani. Objek penelitian ini adalah praktik pengambilan upah beras pada penggilingan padi desa Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Populasi penelitian ini adalah 50 orang petani dan 4 orang penggilingan padi. Sampel penelitian ini adalah 10 orang petani dan 1 pemilik penggilingan padi. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Praktik pengambilan upah Beras Pada penggilingan padi di Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal ini tergantung dari jumlah padi yang digiling setiap masing-masing pemilik padi, dengan cara pemilik padi menghubungi pihak pabrik penggilingan jika akan menggiling padi kemudian padi dijemput, setelah melalui proses penggilingan beras akan diantarkan kembali kerumah pemilik padi, dengan upah penggilingan jika dijemput 10% dari beras yang dihasilkan dan 8% Jika pemilik padi mengantarkan sendiri ke pabrik penggilingan. 2) Tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan pembayaran upah penggilingan padi di Desa Malintang belum sesuai menurut ekonomi syariah dan terdapat unsur gharar didalamnya, dimana kurang adanya transparansi antara pemilik penggilingan dan pemilik padi mengenai berapa upah yang diambil hanya menggunakan kebiasaan yang sudah melekat didalam masyarakat. Pada saat pengambilan upah salah satu pihak tidak menghadiri proses tersebut yang dapat memicu adanya kecurangan, bisa merugikan orang lain dan menimbulkan kemudharatan. Kata Kunci : Upah, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:42
Last Modified: 03 Jan 2024 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76357

Actions (login required)

View Item View Item