MUHAMMAD TIO AFLIANDI, - (2023) PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU PADA TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Muhammad Tio Afliandi Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Pelayanan Ibadah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Tahun 2023 Pelayanan Ibadah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, mencakup lima dimensi kualitas pelayanan yang diteliti, di antaranya : (a). Reliability (keandalan). (b). Responsiveness (daya tanggap). (c). Tangibles (bukti fisik). (d). Assurance (jaminan). (e). Emphaty (empati). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan ibadah haji di kantor kementerian agama kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 7 (tujuh) informan penelitian. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah para pihak yang terlibat dalam pelayanan haji dan mereka yang mendapat layanan tersebut. Hasil penelitian dari kualitas pelayanan ibadah haji di kantor kementerian agama kota Pekanbaru dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji, diantaranya: (a). Pegawai disana dengan cermat dan dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan serta memiliki tanggungjawab atas perkerjaannya; (b). Dalam memberikan informasi tentang penyelenggaraan ibadah haji pegawai selalu melayani dengan cepat dan tepat serta memberikan perhatian dan respon positif terhadap keluhan jamaah haji; (c). sarana dan prasarana kerja yang masih harus dilengkapi lagi serta kerapian dan kebersihan di ruang pelayanan ibadah haji; (d). Pegawai sudah melayani tanpa memandang status sosial, memberikan pelayanan dengan membina komunikasi dan hubungan baik dengan jamaah serta kepedulian pegawai dalam membantu kesulitan jamaah; (e). Pegawai juga memberikan rasa aman dan percaya kepada jamaah haji terhadap pelaksanaan ibadah haji serta memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan, Ibadah Haji.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76354 |
Actions (login required)
View Item |