RIFA’I ROZAN MAULANA, - (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Rifa’i Rozan Maulana Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Interpersonal Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Komunikasi interpersonal yang merupakan proses sosial dalam terbentuknya interaksi, adanya efek dan beberapa timbal balik mampu menciptakan komunikasi yang efektif. Komunikasi interpersonal pelayanan memiliki aturan dalam memberikan pelayanan, menerapkan 3S (senyum,salam,sapa), indikator dalam komuniksi yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan adakah memiliki lima sifat yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan, dari kelima sifat itu yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan komunikasi interpersonal. Indikator dalam proses komunikasi yaitu pelayanan sesuai SOP, masyarakat mendapatkan dampak pelayanan yang baik, pihak Kelurahan menjelaskan sesuai SOP, pihak Kelurahan memberikan solusi setiap permasalahan pelayanan, pemerintah memberikan klarifikasi setiap ada permasalahan Kelurahan mengenai permasalahan masyarakat, dan masalah penelitian yaitu bagaimana penerapan komunikasi interpersonal pegawai dalam memberikan pelayanan di Kelurahan Tuah Karya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana penerapan komunikasi interpersonal Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan yaitu teori Humanistik yang dicetuskan oleh Deveto. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara pegawai dengan masyarakat di Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru, maka peneliti menggunakan lima karakteristik dasar yaitu, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan, dari hasi pembahasan kelima karakteristik tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal pegawai dalam memberikan pelayanan sudah termasuk optimal meskipun terdapat kekurangan pada pola komunikasi penyampaian informasi dan keterlambatan pelayanan, kendala dalam menyampaikan pesan secara tatap muka adanya miskomunikasi dari pegawai, saat mengkomunikasikan pesan yang tergambarkan terburu-buru dan masyarakat tidak menangkap pesan pegawai secara keseluruhaan. Kata kunci : Komunikasi interpersonal, Pegawai , Pelayanan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:40 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76353 |
Actions (login required)
View Item |