Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

RAHMA ISRONOVIA, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Isronovia, (2023): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving pada Materi Statistika untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Development (Pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ujungbatu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ujungbatu. Objek penelitian ini yaitu pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket dan teknik tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa dinyatakan sangat valid dengan persentase 85,93%, sangat praktis pada kelompok kecil dengan persentase 87,32% dan sangat praktis pada kelompok terbatas dengan persentase 86,05%, serta efektif berdasarkan hasil uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t’ dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yaitu 80,563 lebih tinggi daripada rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 65,767. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa yang telah dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Solving, Materi Statistika, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:37
Last Modified: 03 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76351

Actions (login required)

View Item View Item