Muhammad Rifki Ritonga, - (2023) Upaya Pimpinan PT. Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan Dalam Membangun Citra Positif Melalui Pelayanan Terhadap Calon Jamaah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Muhammad Rifki Ritonga Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Upaya Pimpinan PT. Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan Dalam Membangun Citra Positif Melalui Pelayanan Terhadap Calon Jamaah Efektifitas dan efisiensi pelaksanaan haji dan umroh di Indonesia dapat dilihat dari segi manajemen sistem yang tersedia. Aspek Manajemen pelayanan calon jamaah sejak pra-keberangkatan hingga kembali ke tanah air menjadi hal penting bagi setiap travel agent untuk diupayakan berbenah guna mendapatkan citra positif dari calon jamaah. PT Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan telah melakukan upaya yang bertujuan mendapatkan citra positif dari calon jamaah haji dan umroh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Pimpinan PT. Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan dalam membangun citra positif terhadap calon jamaah. Penelitian yang berlokasi di Padangsidimpuan ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif dengan sumber data penelitian primer berupa hasil wawancara langsung bersama Pimpinan Perusahaan dan data sekunder berupa literatur terkait permasalahan penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek bukti fisik (tangibles) berpengaruh terhadap pembangunan citra positif yang dibuktikan dengan keberadaan ruang tunggu, ruang administrasi, dan ruang konsultasi, serta kegiatan safari dakwah. Selanjutnya diketahui aspek kehandalan (reliability) berpengaruh terhadap pembangunan citra positif yang dibuktikan dengan keberadaan program-program promo terkait haji & umroh, serta kemampuan PT Multazam dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh calon jamaah. Kemudian aspek daya tanggap (responsiveness) berpengaruh terhadap pembangunan citra positif yang dibuktikan dengan kemudahan akses informasi mengenai promo dan program melalui media sosial, serta terdapat pelayanan yang sigap dan cepat dari karyawan untuk mengatasi masalah calon jamaah. Selanjutnya aspek jaminan (assurances) berpengaruh terhadap pembangunan citra positif yang dibuktikan dengan komitmen perusahaan tehadap calon jamaah yakni jaminan keberangkatan dan jaminan keamanan pembayaran dengan sistem DP yang terstruktur dengan baik. Kemudian aspek empati (empathy) berpengaruh terhadap pembangunan citra positif yang dibuktikan dengan terdapatnya bakti sosial, pengadaan kegiatan keagamaan dan keadatan. Kata Kunci: Upaya, Pelayanan, Citra Positif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 05:18 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 05:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76344 |
Actions (login required)
View Item |