Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN UJUNG BATU MENURUT PERATURAN DAERAH ROKAN HULU NOMOR. 1 TAHUN 2022 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH IDARIYYAH

Ayu Trimuliani Saragi, Ayu (2023) PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN UJUNG BATU MENURUT PERATURAN DAERAH ROKAN HULU NOMOR. 1 TAHUN 2022 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH IDARIYYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang maksimalnya Pelayanan dalamPengelolaan Sampah di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Berdasarkan Peraturan Daerah Rokan Hulu No 1 Tahun 2022 yang berdasarkan peraturan tersebut tertera tentang pengelolaan sampah yang rinci tentang bagaimana pelaksaanan dan pengelolaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimna Proses Pengelolaan Sampah di Kecamatan Ujung Batu Berdasarkan Peraturan Daerah No 1 Tahun 2022? (2) Apa saja faktor yang menjadi penghambat Pelayanan Pemerintah dalam pengelolaan sampah menurut Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2022 ? (3) Bagaimana perspektif siyasah Idariyyah terhadap Peraturan Daerah No.1 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Sampah?. Adapun tujuan peneliti untuk mengetahui bagaiman proses pengelolaan sampah menurut Peraturan Daerah Rokan Hulu Nomor 1 Tahun 2022 di Kecamatan Ujung Batu, serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam proses pengelolaan sampah menurut Peraturan Daerah Rokan Hulu Nomor 1 Tahun 2022 di Kecamatan ujung Batu dan untuk mengetahui tinjauan Siyasah Idariyyah terhadap pengelolaan sampah menurut Peraturan Daerah Rokan Hulu Nomor 1 Tahun 2022 di Kecamatan Ujung Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya di lapangan yang diperoleh dari informan yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Petugas Kebersihan dan Masyarakat dengan penetapan informan secara purposisive sampling, teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan observasi,wawancara, Dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik penulisan menggunakan metode Induktif . Hasil dari penelitian ini menunjukan pelayanan pengelolaan sampah di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu sudah terlaksanakan meskipun masih terdapat kendala. Kendala yang ditemui di antaranya, kurangnya pengelolaan sampah di Kecamatan Ujung Batu dikarenakan kurang lahan penampungan pembuangan sampah, sampah yang tidak bisa di kelola dan dimanfaatkan terpaksa di tumpuk karena sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah belum memadai dan kurangnya kesadaran diri dari mayarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Menurut pandangan Siyasah ini termasuk dalam siyasah Idariyyah dalam hal ini merupakan bentuk melaksanakan sebuah amanah dan perintah dari seorang pemimpin karna untuk menciptakan suatu kemaslahatan tidak terlepas dari peranya pemerintahan dalam membuat suatu kebijakan dan peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah Kecamatan Ujung Batu, Siyasah Idariyyah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:44
Last Modified: 03 Jan 2024 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76332

Actions (login required)

View Item View Item