Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELANGGARAN MENEROBOS TRAFFIC LIGHT DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

M. Faisal Ashari, Faisal (2023) PELANGGARAN MENEROBOS TRAFFIC LIGHT DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh pelanggaran menerobos traffic light di pekanbaru dan masih banyak pengendara yang belum sepenuhnya paham dan mengerti akan aturan yang berlaku sehingga masih sering petugas melakukan penilangan pelanggaran traffic light tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran traffic light di pekanbaru berdasarkan undang-undang tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan pelanggaran menerobos traffic light dikota pekanbaru berdasarkan undang-undang tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Serta manfaat penelitian ini bagi peneliti dapat menambahkan wawasan dengan dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh secara teori di lapangan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang pelanggaran menerobos traffic light di pekanbaru berdasarkan undang-undang tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di kota pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum sosiologis. Sedangkan dari sifatnya ialah deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan pendektan yuridis empiris atau sosiologi hukum. Teknik dalam menentukan sampel penulis menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif dan Penarikan Kesimpulan Secara Induktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan pelanggaran menerobos traffic Light di kota pekanbaru berdasarkan Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Pekanbaru adalah tindakan pengendara yang menerobos atau melewati traffic light pada saat traffic light berwarna merah yang menyatakan bahwa kendaraan harus berhenti namun penggendara tetap berjalan dan menerobos traffic light. Faktor yang menyebabkan pelanggaran menerobos traffic light berdasarkan Undang-undang Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Pekanbaru adalah pertama faktor sarana dan fasilitas penegak hukum dimana masih terdapat traffic light yang tidak berfungsi di kota pekanbaru, kedua faktor masyarakat dimana rata rata para penggendara di kota pekanbaru telah tahu tentang aturan traffic light tapi masih saja melanggar dengan berbagai macam alasan, dan yang terakhir adalah faktor penegak hukum dimana tanpa adanya kehadiran penegak hukum yang melakukan pengawasan jalan membuat para penggendara berani melakukan pelanggaran menerobos traffic light di kota pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran, Traffic Light
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:22
Last Modified: 03 Jan 2024 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76329

Actions (login required)

View Item View Item