RADILA SANDI, - (2023) DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Fenomenologi di SMA Negeri 7 Mandau). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Radila Sandi (2023): “Dampak Penggunaan TikTok terhadap Akhlak Peserta Didik (Studi Fenomenologi di SMA Negeri 7 Mandau)” Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak dari penggunaan TikTok terhadap Akhlak Peserta didik serta bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulanginya di SMA Negeri 7 Mandau. Di kalangan peserta didik saat ini, media sosial sering disalahgunakan. Salah satu media sosial yang sering disalah gunakan adalah TikTok. Oleh karena itu Peran guru Pendidikan Agama Islam banyak dibutuhkan karena guru Pendidikan Agama Islam memiliki akses langsung dan kebebasan yang lebih besar untuk mengawasi, membantu, mendorong dan membina agama Peserta didik setiap harinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan Pertama, Profil pengguna TikTok di kalangan peserta didik di SMA Negeri 7 Mandau, dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu dengan level Negatif, Hanya sekeder hiburan dan positif. Kedua, Pergeseran Akhlak yang terjadi pada peserta didik di SMA Negeri 7 Mandau akibat dari vide-video TikTok yaitu: kurang Hormatnya peserta didik kepada Guru, berkata kotor, bulli, kurangnya adab di lingkungan. Ketiga, Terjadi perubahan-perubahan pada Peserta Didik di SMA Negeri 7 Mandau akibat dari TikTok seperti, peserta didik kurang dalam belajar, lebih banyak memainkan HP daripada membuka buku, membuat Peserta didik tidak melihat kondisi lingkungan terkadang terbiasa berkumpul membahas hal-hal viral yang ada di media sosial TikTok, membuat peserta didik berkata kasar atau jorok, candu terhadap media sosial, peserta didik menjadi tidak sopan, hilangnya rasa malu sehingga Berjoget tidak melihat lingkungan, membuat peserta didik lupa waktu akibat dari menggunakan TikTok. Keempat, Faktor-faktor peserta didik Menggunakan TikTok yaitu hiburan, perasaan dapat mempengaruhi penggunaan aplikasi TikTok, tempat mencari Informasi, tempat belanja secara Online dan sebagai referensi untuk mencoba sesuatu yang baru. Kelima, Upaya Guru PAI dalam menanggulangi pergeseran akhlak peserta didik di SMA Negeri 7 Mandau dilakukan sebagaimana guru berperan sebagai pembimbing, Pendidik dan Pengajar serta sebagai kreator. Akan tetapi upaya ini masih kurang efektif akibat dari kurangnya dukungan dari sekolah untuk menanggulangi pergeseran akhlak pada peserta didik di SMA Negeri 7 Mandau.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 02:21 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 02:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76328 |
Actions (login required)
View Item |