DARUL IKHSAN, - (2023) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 SINGINGI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
||
|
Text
SKRIPSI DARUL IKHSAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Darul Ikhsan, (2023): Manajemen Strategi Pemasaran Sekolah di Sekoleh Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Singingi Hilir Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen strategi pemasaran sekolah di SMP Negeri 5 Singingi Hilir. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen strategi pemasaran sekolah di SMP Negeri 5 Singingi Hilir. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah Wakil Humas, sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah, 2 orang staf humas dan 2 guru di SMP Negeri Singingi Hilir. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganilisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen strategi pemasaran sekolah di SMP Negeri 5 Singingi Hilir sudah semaksimal mungkin, karena pihak sekolah melakukan strategi pemasaran sekolah yaitu diawali rapat dinas untuk merancang strategi pemasaran, kemudian pihak sekolah membuat flayer atau brosur semenarik mungkin dan juga membuat spanduk, pihak sekolah menyebarkan brosur-brosur yang sudah dibuat untuk di bagikan ke sekolah-sekolah terdekat atau target-target yang diinginkan. 2) Faktor pendukung manajemen strategi pemasaran sekolah di SMP Negeri 5 Singingi Hilir yaitu strategi pemasaran di sekolah ini cukup signifikan dikarenakan pemasaran yang diakukan pihak sekolah berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya, pihak sekolah mempromosikan penghargaan-penghargaan yang sekolah raih terutama dibidang olahraga, pihak sekolah tetap berusaha keras untuk menarik minat orang tua dari anak-anak SD untuk memasukkan anaknya kesekolah SMP Negeri 5 Singingi Hilir, tetap berusaha membuat brosur semenarik mungkin tiap pergantian tahun dalam rangka strategi pemasaran untuk menarik minat anak-anak SD. Sedangkan Faktor penghambat manajemen strategi pemasaran sekolah di SMP Negeri 5 Singingi Hilir yaitu masyarakat asli tanjung pauh masih kurang berminat untuk masuk ke sekolah tersebut dikarenakan dari segi ekonomi memang rata-rata pendapatan untuk masyarakat Tanjung Pauh ini cukup tinggi sehingga orang tua mereka lebih ingin memasukkan anaknya di lembaga pendidikan yang sudah dikatakan sangat baik dan juga ketatnya persaingan. Strategi pemasaran di sekolah tersebut masih dilakukan secara manual. Untuk perizinan, dalam memasukkan surat izin promosi terkadang masih ada beberapa sekolah yang tidak menerimanya. Kesulitan dalam melakukan pemasaran diakibatkan pihak sekolah yang ingin pihak sekolah kunjungi untuk pemasaran masih ragu untuk memasukkan anak-anaknya di sekolah ini. Masih belum menyeluruh dalam menyebarkan brosur ke orang tua dari calon peserta didik. Masih kurang dalam memanfaatkan sosial media untuk melakukan strategi pemasaran di sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Strategi, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 08:35 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 08:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76316 |
Actions (login required)
View Item |