PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM KURIKULUM IPS TERPADU TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA SMPN 5 RAMBAH HILIR ROKAN HULU

Yeni Elfita, (2011) PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM KURIKULUM IPS TERPADU TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA SMPN 5 RAMBAH HILIR ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011443.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu: Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu (variabel independent/ bebas atau variabel X) terhadap Kemampuan Afektif Siswa (Variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu terhadap kemampuan afektif siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu terhadap kemampuan afektif siswa SMPN 5 Ramabah Hilir Rokan Hulu. Subjek penilitian ini adalah guru IPS Terpadu dan siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu. sedangkan objek penilitian ini pengaruh penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu terhadap kemampuan afektif siswa. Populasi penilitian ini guru IPS Terpadu 1 orang dan siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu berjumlah 227 siswa. Karena populasinya banyak maka penulis mengambil sampel secara sampel random atau sampel acak dengan persentase 20% sebanyak 45 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penilitian ini korelasi yang bersifat ordinal yang diubah menjadi interval, maka data di analisis dengan menggunakan Teknik Analisa Regresi Linier dengan bantuan SPSS. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa pengaruh penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu terhadap kemampuan afektif siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu ro (observasi) adalah 0,510 lebih besar dari “r” tabel” product Moment, pada tarif signifikan 5% dan tarif signifikan 1% yaitu 0,288 < 0,510>0,372, maka dapat di simpulkan ada pengaruh signifikan antara penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam kurikulum IPS Terpadu terhadap kemampuan afektif siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Jan 2016 08:11
Last Modified: 12 Jan 2016 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item