Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FLUKTUASI HARGA DAN SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM JUAL BELI TIKET PESAWAT PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH ( Studi Kasus Cahaya Gumilang Tour and Travel Di Kota Pekanbaru)

SASHA RIZKI ANNAS, - (2023) FLUKTUASI HARGA DAN SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM JUAL BELI TIKET PESAWAT PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH ( Studi Kasus Cahaya Gumilang Tour and Travel Di Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SASHA RIZKI ANNAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sasha Rizki Annas (2022) Fluktuasi Harga dan Sistem Pengambilan Keuntungan dalam Jual Beli Tiket Pesawat Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus Cahaya Gumilang Tour and Travel di Kota Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh harga yang tidak tetap dalam jual beli tiket pesawat, dimana memiliki kecurigaan bahwa jual beli tersebut termasuk gharar dalam pengambilan keuntungan disetiap penjualan harga tiketnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek jual beli tiket pesawat, bagaimana sistem pengambilan keuntungan dalam jual beli tiket pesawat dan bagaimana pandangan fiqh muamalah tentang fluktuasi harga dan sistem pengambilan keuntungan dalam jual beli tiket pesawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek jual beli tiket pesawat menurut pandangan Fiqh Muamalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitiannya adalah bersifat deskriftif kualitatif. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan berupa observasi dan wawancara dengan cara mengamati harga tiket dari akun yang telah diberikan oleh responden selama seminggu pada waktu-waktu tertentu dan mengumpulkan data survei yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada responden. Data sekunder yang digunakan adalah berupa dokumentasi berbentuk catatan dan laporan perubahan harga. Populasi dalam penelitian ini adalah orangorang yang terlibat dalam penjualan tiket pesawat. Sedangkan Sampel adalah bagian dari populasi yang diteliti, sampel dalam penelitian ini adalah responden yang menjadi pemilik dan juga pengelola Cahaya Gumilang Tour and Travel. cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling/Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fluktuasi harga merupakan hukum alam yang terjadi secara alamiah dikarenakan adanya permintaan dan penawaran. Pihak agen terkadang melakukan pembulatan dalam proses transaksi, padahal agen sudah mendapatkan keuntungan sebesar 2% dari maskapai per tiket yang mereka jual. Namun, hal ini dilakukan sebagai cara untuk mempermudah agen dalam penghitungan pembayaran tiket dan pihak agen selalu mengkonfirmasikannya kepada konsumen sebelum menyelesaikan transaksi. Menurut pandangan fiqh muamalah fluktuasi harga diperbolehkan karena memiliki kesamaan karakteristik dengan mekanisme pasar yang tidak ada nash yang melarangnya, dalam kajian ushul fiqh fluktuasi termasuk kedalam Urf Tujjar yang merupakan tradisi dalam praktik bisnis dan pembulatan harga dalam sistem keuntungan jual beli ini sejalan dengan Al-Quran surah an-nisa ayat 29 sehingga terlaksanakanlah jual beli yang adil dalam prosesnya dengan berasaskan rela sama rela. Kata Kunci : Fiqh Muamalah, Jual Beli, Tiket Pesawat, Fluktuasi, Sistem Pengambilan Keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:41
Last Modified: 29 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76290

Actions (login required)

View Item View Item