Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI DASAR PENGENAAN DAN TARIF PAJAK MENURUT PERUBAHAN PERATURAN DAERAH NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG PAJAK RESTORAN DI KOTA PEKANBARU

Sri Haryani, Sri (2023) IMPLEMENTASI DASAR PENGENAAN DAN TARIF PAJAK MENURUT PERUBAHAN PERATURAN DAERAH NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG PAJAK RESTORAN DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh bagaimana pelaksanaan peraturan daerah tentang pajak restoran di pekanbaru khususnya di kecamatan binawidya ternyata masih banyak pemilik restoran yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak tidak melakukan pembayaran pajak sesuai dengan pearaturan yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dasar pengenaan dan tarif pajak restoran di Kecamtan Binawidya Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui faktor penghambat Implementasi dasar pengenaan dan tarif pajak menurut perubahan peraturan daerah nomor 6 Tahun 2018 tentang Pajak Restoran di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Serta manfaat penelitian ini bagi peneliti dapat menambah wawasan dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh secara teori di lapangan, untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang implementasi dasar pengenaan dan tarif pajak menurut Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pajak Restoran di Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hukum sosiologis.Sedangkan dari sifatnya ialah deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan pendektan yuridis empiris atau sosiologi hukum. Teknik dalam menentukan sampel penulis menggunakan metode random sampling. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif dan Penarikan Kesimpulan Secara Induktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan Implementasi dasar pengenaan dan tarif pajak menurut perubahan peraturan daerah nomor 6 Tahun 2018 tentang pajak restoran di Kecamtan Binawidya Kota Pekanbaru belum terlaksana dikarenakan masih adanya restoran yang tidak membayar pajak yaitu sebanyak lima restoran, dalam hal ini pihak BAPENDA telah memberikan surat teguran dan pihak BAPENDA yang berada dilapangan telah melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap restoran tersebut. Lemah nya sistem self assesment yang di gunakan menimbulkan ketidakjujuran dan kecurangan. Faktor penghambat Implementasi Perubahan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pajak Restoran di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru adalah kurangnya sosialisasi dari pihak BAPENDA mengenai pajak restoran, kurangnya partisipasi dan kesadaran dari wajib pajak, kurangnya personil dalam pelaksanaan penagihan Pajak kepada wajib pajak, kurangnya pengawasan yang di lakukan oleh pihak Bapenda terhadap wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pajak Restoran
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:28
Last Modified: 29 Dec 2023 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76283

Actions (login required)

View Item View Item