Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI BUDAYA NINIK MAMAK DALAM MELESTARIKAN ADAT JALANG-MENJALANG DI DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU

Rahmad Fiski, Fiski (2023) KOMUNIKASI BUDAYA NINIK MAMAK DALAM MELESTARIKAN ADAT JALANG-MENJALANG DI DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengatahui pelestarian Budaya Adat Jalang-Menjalang yang ada di Desa Tanjung dan untuk mengatahui bentuk penyebab kurangnya Minat Generasi Muda (anak cucu kemanakan) dalam melestarikan Budaya Adat Jalang-Menjalang di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kebupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang digunakan data primer dan sekunder dengan melakukan wawancara secara langsung dengan Informan. Hasil Penelitian Ninik Mamak melestarikan Adat Melalui Tradisi Jalang-Menjalang, di sini Ninik Mamak menyampaikan makna dan pesan melalui Adat 1. Langit-Langit melambangkan bahwa Ninik Mamak memiliki jumlah kemanakan yang cukup banyak dan setiap Kemanakan memiliki sifat dan perilaku yang berbeda-beda. 2. Pedang Dubalang memiliki makna dan pesan komunikasi yaitu pentingnya bagi kemanakan untuk menjaga nama baik Ninik Mamak. 3. Silat melambangkan bentuk penghormatan dan menjunjung tinggi Ninik mamak dan juga sebagai jambatan perminta maaf antara Ninik Mamak dengan Kemanakan. 4. Baju Adat Tradisional memiliki makna dan pesan komunikasi yang di sampaikan kepada anak cucu kemanakan,seperti baju Ninik Mamak tidak memiliki saku, tu melambangkan Ninik Mamak tidak membuat kecurangan. 5. Celempong mampu menghidupakan suasana beriring-iringan Adat Jalang-Menjalang dan membangkitkan semangat Ninik Mamak, Kemanakan, dan masyarakat. 6. Panjat Pinang melambangkan semangat tinggi anak cucu kemanakan, kerja sama dan menghadapi tantangan bersama. 7. Dulang kaki Tiga melambangkan Ninik Mamak sangat penting dalam kehidupan anak cucu kemanakan, karena Ninik Mamak lah yang mempertanggung jawabkan kemanakan dalan kehidupan sehari-hari nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi budaya, Ninik Mamak, Adat Jalang-Menjalang
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:37
Last Modified: 29 Dec 2023 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76281

Actions (login required)

View Item View Item