Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN KEPMENDESA NO 136 TAHUN 2022 PADA BADAN USAHA MILIK DESA BUMDesa AL-HIDAYAH DESA SENCALANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

M. YUSFADILLAH PUTRA, - (2023) PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN KEPMENDESA NO 136 TAHUN 2022 PADA BADAN USAHA MILIK DESA BUMDesa AL-HIDAYAH DESA SENCALANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN KEPMENDESA NO 136 TAHUN 2022 PADA BADAN USAHA MILIK DESA BUMDesa AL-HIDAYAH DESA SENCALANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR OLEH : M. YUSFADILLAH PUTRA NIM. 11970312971 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan KEPMENDESA NO 136 TAHUN 2022 pada laporan keuangan BUMDesa Al-Hidayah. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu melakukan pengamatan secara detail terhadap objek yang diteliti mengenai laporan keuangan dengan memusatkan pada rumusan masalah. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laporan Keuangan BUMDesa AL-Hidayah belum sesuai dengan KEPMENDEDA No 136 TAHUN 2022. BUMDesa Al-Hidayah untuk unit simpan pinjam dan unit perkebunan kelapa sawit tidak menyajikan laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan dan BUMDesa Al-Hidayah belum membuat laporan keuangan gabungan yang merupakan gabungan dari laporan keuangan semua unit. Dan perbedaan total aset dengan total utang dan modal yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan unit simpan pinjam. Serta adanya kesalahan pencatatan yang dilakukan BUMDesa Al-Hidayah. Dengan demikian dihasilkan usulan berupa konstruksi laporan keuangan yang berlandaskan pada KEPMENDESA No 136 Tahun 2022. Kata Kunci : KEPMENDESA No 136 Tahun 2022, Laporan Keuangan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:31
Last Modified: 29 Dec 2023 01:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76262

Actions (login required)

View Item View Item