Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTANGGUNGJAWABAN POS INDONESIA (PERSERO) TERHADAP KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG PADA KANTOR POS KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PP NOMOR 15 TAHUN 2013 TENTANG POS

WIRA SATI, - (2023) PERTANGGUNGJAWABAN POS INDONESIA (PERSERO) TERHADAP KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG PADA KANTOR POS KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PP NOMOR 15 TAHUN 2013 TENTANG POS. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASILDAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wira Sati, (2023) : Pertanggungjawaban Pos Indonesia (Persero) Terhadap Keterlambatan Pengiriman Barang Pada Kantor Pos Kota Pekanbaru Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Pos. Di zaman era globalisasi ini kebutuhan akan jasa pengiriman barang menjadi sangat penting sehingga banyak berkembang perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan. Mengingat Pos Indonesia (Persero) bergerak dalam bidang jasa, maka faktor penting yang patut diperhatikan adalah kepercayaan pengguna jasa, dimana mereka menggunakan jasa pos karena mereka percaya bahwa barang atau kiriman yang mereka kirim melalui jasa pos akan sampai dengan selamat sampai ditempat tujuan. Akan tetapi kenyataannya tetap ada pelaksanaan pelayanan Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban dan apa yang menjadi faktor penyebab keterlambatan pengiriman barang pada Kantor Pos (Persero) Kota Pekanbaru berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pos. Jenis penelitian yang digunakan adalah sosiologis yang menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang membutuhkan populasi dan sampel. Teknik penarikan kesimpulan yaitu induktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pertanggungjawaban PT Pos Indonesia (Persero) atas ketidaksesuaian layanan Pos Indonesia adalah dengan memberikan ganti rugi atas kerugian konsumen baik berupa keterlambatan, kerusakan, maupun kehilangan kiriman barang. Keterlambatan pengiriman yang dipengaruhi oleh faktor human (kesalahan petugas loket, kurir kurang berpengalaman, dan kesalahan petugas sortir), kondisi kendaraan kurang prima, kesalahan perencanaan transportasi, bencana alam dan cuaca yang tidak mendukung, dan kemacetan lalu lintas. Kata kunci: Pertanggungjawaban, Pengangkutan, Keterlambatan, PT Pos Indonesia (Persero).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:48
Last Modified: 28 Dec 2023 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76257

Actions (login required)

View Item View Item