Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, MORALITAS MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru)

MUHAMAD ALVIN ANUGRAH, - (2023) PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, MORALITAS MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV MUHAMAD ALVIN ANUGRAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV MUHAMAD ALVIN ANUGRAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, MORALITAS MANAJEMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru) Oleh: Muhammad Alvin Anugrah 11970314368 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, moralitas manajemen dan budaya organisasi terhadap kecuarangan akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 688 pegawai yang bekerja pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik Pengumpulan penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil statistik dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, dan budaya organisasi berpengaruh negative dan signifikan terhadap kecurangan akuntansi. Sedangkan variable moralitas manajemen berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kecurangan akuntansi. Dan secara simultan variabel pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, moralitas manajemen dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akuntansi. Adjusted R Square sebesar 0,479 angka ini menjukkan bahwa kecurangan akuntansi pada BAPENDA Kota Pekanbaru yang dipengaruhi oleh pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, moralitas manajemen dan budaya organisasi adalah sebesar 47,9% sedangkan 52,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Moralitas Manajemen, Budaya Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:41
Last Modified: 27 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76237

Actions (login required)

View Item View Item