Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SDN 191 PEKANBARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA

Ikhsan Nur Mustaqim, Ikhsan (2023) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SDN 191 PEKANBARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

SDN 191 Pekanbaru merupakan salah satu satuan pendidikan dengan jenjang Sekolah Dasar di Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dalam menjalankan kegiatannya, SDN 191 Pekanbaru berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi Komunikasi Interpersonal Guru SDN 191 Pekanbaru dalam Proses Pembelajaran Siswa. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Antar Manusia oleh Joseph.A Depito. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Interpersonal Guru SDN 191 Pekanbaru dalam Proses Pembelajaran Siswa dilakukan menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dengan memanfaatkan komponen yakni pengoptimalan proses pembelajaran dari guru kepada siswa, media pembelajaran yang digunakan guru, metode pembelajaran yang diterapkan guru dan model pembelajaran yang dilaksanakan guru untuk mengajar siswa agar proses pembelajaran berjalan lancar. Guru SDN 191 Pekanbaru membangun komunikasi interpersonal dengan cara berbicara menggunakan keterbukaan kepada siswa, Mendengarkan pendapat siswa dengan aktif, Menjelaskan materi pelajaran dengan bahasa tubuh yang positif, memotivasi dan memberikan dukungan kepada siswa, pemberian petunjuk dengan jelas dan menggunakan humor yang sesuai untuk menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan dalam proses pembelajaran siswa. Dengan strategi komunikasi interpersonal yang dilaksanakan oleh Guru SDN 191 Pekanbaru proses pembelajaran siswa berjalan dengan lancar dan siswa dapat memahami materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Interpersonal, Guru SDN 191 Pekanbaru, Siswa SDN 191 Pekanbaru, Proses Pembelajaran.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:33
Last Modified: 27 Dec 2023 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76211

Actions (login required)

View Item View Item