Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL BELI TIKET BUS MELALUI AGEN (Studi Kasus PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru)

RIZKI RAMADHAN, - (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL BELI TIKET BUS MELALUI AGEN (Studi Kasus PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI RAMADHAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizki Ramadhan (2023): Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Perbedaan Harga Jual Beli Tiket Bus melalui Agen (Studi Kasus PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru) Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perbedaan harga jual beli tiket bus rute Pekanbaru-Yogyakarta dengan harga yang telah ditetapkan oleh pihak kantor PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru sebesar RP. 850.000 untuk satu orang penumpang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor penyebab terjadinya perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru, bagaimana tanggapan pelanggan tentang perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru, serta bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi subek dalam penelitian ini adalah agen dan pembeli tiket bus PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru. Penulis mengambil sampel dari populasi sebanyak 45 orang yang terdiri dari 5 orang agen dan 40 orang pembeli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru dengan teknik total sampling. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer, data sekunder dan data tersier. Adapun metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, kemudian dianalisa menggunakan analisa deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen PT. Dzakki Buana Tour Kota Pekanbaru disebabkan oleh adanya perbedaan titik penjemputan penumpang, adanya biaya-biaya operasional yang tinggi yang dikeluarkan para agen, dan permintaan yang tinggi terhadap pembelian tiket bus saat ini. Pembeli atau pelanggan tidak mempermasalahkan adanya perbedaan harga jual beli tiket bus melalui agen ini, karena bagi pembeli tiket bus ini adalah hal yang sering terjadi dan hari pembelian tiket juga mendekati hari raya Idul Adha, namun ada juga pelanggan yang mempertanyakan kenapa bisa terjadi perbedaan harga ini, tetapi mereka tidak mempermasalahkannya. Serta ditinjau menurut fiqh muamalah, perbedaan terhadap harga jual beli tiket bus melalui agen ini sudah sesuai dengan akadnya. Perbedaan harga diperbolehkan akan tetapi harus disertai dengan alasan yang jelas seperti perbedaan titik penjemputan, hari libur nasional, dan lainnya. Kata Kunci: Perbedaan Harga, Jual Beli, Tiket Bus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:42
Last Modified: 22 Dec 2023 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76190

Actions (login required)

View Item View Item