Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH DALAM PEMBERIAN MAKAN BALITA TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI KELURAHAN TANGKERANG TENGAH

SEPTIANI WULANDARI, - (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH DALAM PEMBERIAN MAKAN BALITA TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI KELURAHAN TANGKERANG TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV_.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Permasalahan gizi pada Indonesia masih menjadi permasalahan utama, yang mana balita merupakan kelompok yang rawan mengalami masalah gizi, salah satunya gizi kurang. Maka dari itu balita perlu mendapatkan pola asuh ibu dan ibu yang memiliki pengetahuan yang baik. Pola asuh ibu dalam pemberian makanan pada tahun pertama kehidupan sangatlah penting untuk perkembangan balita. Selain itu pengetahuan ibu juga merupakan salah satau faktor yang memperngaruhi status gizi balita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan pola asuh dalam pemberian makan terhadap status gizi balita di Kelurahan Tangkerang Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah cros-sectional study. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang merupakan ibu yang mempunyai balita usia 1-5 tahun di kelurahan Tangkerang Tengah. Data analisis menggunakan uji chi-square dengan (p<0,05). Hasil deskriptif memperlihatkan bahwa tingkat pola asuh tidak tepat sebanyak 22%, pengetahuan ibu kurang sebanyak 24% dan balita yang memiliki status gizi kurang sebanyak 24%. Uji chi-square menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dan pengetahuan ibu dalam pemberian asupan makan terhadap status gizi balita (p<0,05). Kesimpulan penelitian adalah pengetahuan ibu dan pola asuh dalam pemberian makan berpengaruh terhadap status gizi balita di Kelurahan Tangkerang Tengah. Kata kunci: balita, pengetahuan ibu, pola asuh, status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:22
Last Modified: 22 Dec 2023 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76189

Actions (login required)

View Item View Item