Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KISARAN

Khoirul Syahputra, - (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KISARAN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Khoirul Syahputra(2023) : PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KISARAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar kewirausahaan siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan desain nonequivalen control group desaign. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kisaran. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar kewirasuahaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Administrasi Perkantoran I dan XII Administrasi Perkantoran II yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitia ini adalah Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik Pengumpulan dana yang digunakan onservasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil olahan analisis data yang diperoleh hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung yaitu 7,727 > nilai ttabel 2,009. Sehingga dapat dikatakan bahwa dari uji hipotesis dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan motivasi belajar kewirausahaan siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional di SMK Muhammadiyah 5 kisaran. Dengan adanya perbedaan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar kewirausahaan siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kisaran. Kata Kunci : Pengaruh, Demonstrasi, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:03
Last Modified: 20 Dec 2023 06:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76156

Actions (login required)

View Item View Item