NADIA BERLIANTI NAFITRI, - (2023) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 8 MANDAU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
NADIA BERLIANTI NAFITRI (2023) : PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 8 MANDAU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode tutor sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi kelas X di SMAN 8 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 8 Mandau sedangkan objeknya adalah pengaruh metode tutor sebaya (Peer Tutoring) pada Mata Pelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa di SMAN 8 Mandau. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 dan X10 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan effect size. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata pre test sebesar 49,17 menjadi 74,17 pada nilai post test. Jika dihitung presentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan adalah 50,84%. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode tutor sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi di kelas X SMAN 8 Mandau. Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring), Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76151 |
Actions (login required)
View Item |