Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Mutu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis

Resilah, - (2023) Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Mutu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

ABSTRAK Resilah (2023) : Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Mutu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Penelitian ini adalah penelitian kuantitaf jenis korelasi untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis yaitu MIS Hubbulwathan, MIS Hj. Kamisih dan MIS Al-Kausar yang berjumlah 156 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling dengan alokasi secara proporsional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MIS Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dan dengan nilai koefisien deteminasi (R Square) adalah 0,623 atau sama dengan 62,3 %. dengan kategori kuat sesuai tabel interpretasi koefisien determinasi. Sedangkan sisanya (100 % - 62,3% = 37,7 % ) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Mutu Pembelajaran dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:03
Last Modified: 18 Dec 2023 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76108

Actions (login required)

View Item View Item