Resilah, - (2023) Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Mutu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
Abstract
ABSTRAK Resilah (2023) : Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Mutu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Penelitian ini adalah penelitian kuantitaf jenis korelasi untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis yaitu MIS Hubbulwathan, MIS Hj. Kamisih dan MIS Al-Kausar yang berjumlah 156 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling dengan alokasi secara proporsional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas dan mutu pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MIS Sekecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dan dengan nilai koefisien deteminasi (R Square) adalah 0,623 atau sama dengan 62,3 %. dengan kategori kuat sesuai tabel interpretasi koefisien determinasi. Sedangkan sisanya (100 % - 62,3% = 37,7 % ) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Mutu Pembelajaran dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:03 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76108 |
Actions (login required)
View Item |