Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Korelasi Perilaku dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hubbulwathan Duri

Rabi’ah, - (2023) Korelasi Perilaku dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hubbulwathan Duri. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rabi’ah (2023): Korelasi Perilaku dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hubbulwathan Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara perilaku belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hubbulwathan Duri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah 30 orang siswa kelas V MIS Hubbulwathan Duri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis intrumen penelitian dan hasil penelitian. Teknik analisis intrumen menggunakan rumus Corrected Item-Total Corelation untuk menguji validitas dan dengan alpha Cronbach untuk menganalisis uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara perilaku belajar siswa dalam pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa di MIS Hubbulwatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,228<0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,227, yang berarti lebih dari 0,05 (0,05>0,227). Pada variabel kedisiplinan terdapat korelasi yang signifikan antara kedisiplinan belajar dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MIS Hubbulwathan. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari rtabel (0,587>0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,008, yang berarti kurang dari 0,05<0,227. Sedangkan hubungan antara perilaku belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama diperoleh terdapat korelasi yang signifikan antara perilaku belajar dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di SMIS Hubbulwathan. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,554 lebih besar dari r tabel (0,554>0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 yang berarti kurang dari 0,05 (0,046<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila kecenderungan perilaku belajar siswa semakin tinggi, maka tidak akan mempengaruhi prestasi belajar siswa begitu pula sebaliknya. Dan apabila kencenderungan kedisiplinan belajar siswa semakin tinggi, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa begitu pula dengan kecendrungan perilaku dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Perilaku Belajar, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:34
Last Modified: 19 Dec 2023 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76107

Actions (login required)

View Item View Item