Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH SMA NEGERI 8 MANDAU

MAISYAROH, - (2023) PENGGUNAAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH SMA NEGERI 8 MANDAU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MAISYAROH (2023) : PENGGUNAAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH SMA NEGERI 8 MANDAU Penelitian ini mengkaji atau membahas tentang 6 maksim prinsip kesantunan berbahasa dari teori Leech di Sekolah SMA Negeri 8 Mandau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa di kelas ketika berinteraksi pada kegiatan diskusi dengan mematuhi maksim-maksim kesantunan berbahasa dari teori Leech. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendamping. Adapun sumber data dalam penelitian ini bersumber dari percakapan pada kegiatan diskusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, teknik rekam, teknik transkripsi dan teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu tabulasi data, penyajian data, interprestasi, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 8 Mandau terdapat jumlah seluruh penggunaan maksim kesantunan berbahasa sebanyak 19 data, pembagian 6 data maksim kesantunan berbahasa yaitu : maksim kebijaksanaan terdiri dari 4 data, maksim kedermawanan terdiri dari 3 data, maksim penghargaan terdiri dari 3 data, maksim kesederhanaan terdiri dari 3 data, maksim permufakatan terdiri dari 3 data, maksim kesimpatian terdiri dari 3 data. Diketahui bahwa maksim kebijaksanaan yang paling dominan yang di dapat oleh peneliti pada saat kegiatan diskusi siswa. Kemudian pada faktor yang mempengaruhi bahasa terdapat 5 data diantaranya pada tempat dan suasana tutur, peserta tutur, tujuan tutur, pokok tutur, dan sarana tutur. Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Kegiatan Diskusi, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:38
Last Modified: 18 Dec 2023 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76099

Actions (login required)

View Item View Item