Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIOAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN ZAKAT

BONDAN RIFQI RIFA’I, - (2023) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIOAL (BAZNAS) KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN ZAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Bondan Rifqi Rifa’i Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru dalam Mensosialisasikan Zakat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya masyarakat yang membayar zakat pada lembaga resmi seperti Baznas Kota Pekanbaru sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui tentang strategi yang digunakan oleh Baznas, penelitian ini dilakukan pada lembaga Badan Amil Zakat Kota Pekanbaru, penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunaakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitia menunjukkan bahwasan nya strategi komunikasi yang digunkan oleh Baznas adalah yang pertama yakni mengenal khlayak, dalam melakukan pengenalan khalayak Banzas sudah cukup optimal yakni melalui sosialisasi ke perkantoran serta masjid-masjid, dalam melakukan pengenalan khalayak di lingkugan perkantoran Baznas memberikan surat berupa informasi mengenai kegiatan sosialisasi, sementara pada lingkungan masjid baznas menginformasikan kepada pengurus yang kemudian di informasikn kepada masyarakat setempat, kemudian yang kedua menyusun pesan, dalam menyusun pesan baznas menyesuaikan dengan kebutuhan komunikan, dan pesa-pesan yang di sampaikan berbentuk informasi mengenai zakat, infak dan sedekah serta ajakan kepada masyarakat agar membayarkan zakatnya melalui Baznas, langkah ketiga adalah menetapkan metode, metode yang di gunakan oleh Baznas yakni melakukan seminar, sosialisasi di lingkungan para pengambil kebijakan, penyebaran brosur serta iklan promosi kegiatan Baznas, langkah yang ke empat adalah memilih media, media yang di gunakan oleh Baznas dalam melakukan sosialisasi yakni berupa media social seperti: faccebook, instagram, whatsaap dan youtube, Kata kunci : Strategi Komunikasi, Mensosialisasikan Zakat Baznas Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:39
Last Modified: 18 Dec 2023 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76091

Actions (login required)

View Item View Item