Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dan Period Order Quantity (POQ) Pada Proses Produksi Pintu PVC Di PT. Kencana Inti Andalan (KIA)

TEDY SATRIO, - Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dan Period Order Quantity (POQ) Pada Proses Produksi Pintu PVC Di PT. Kencana Inti Andalan (KIA). Matrik : Jurnal Manajemen & Teknik Industri – Produksi. ISSN P-ISSN : 1693-5128 E-ISSN : 2621-8933

[img]
Preview
Text
TEDY SATRIO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Kencana Inti Andalan adalah perusahaan kontruksi yang menawarkan bahan bangunan untuk proyek pembangunan. Karena permintaan yang tidak stabil atau berfluktuasi, pengendalian persediaan bahan baku PT. Kencana Inti Andalan belum optimal. Akibatnya, stok di gudang berkurang, sehingga proses persediaan bahan baku di perusahaan berkurang. Dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Period Order Quantity (POQ), tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ukuran pesanan, frekuensi pemesanan, dan biaya total persediaan. Hasil dari Economic Order Quantity (EOQ) adalah 602,80 unit, dengan frekuensi pemesanan 10 kali, dan biaya persedaan sebesar 103.724.993,19362. Hasil dari Period Order Quantity (POQ) adalah 255,41 unit, dengan frekuensi pemesanan sebanyak 24 kali.. Dari kedua metode ini di didapatkan selisih biaya persediaan yang di peroleh EOQ lebih menghemat dari POQ, hal ini di kerenakan biaya pemesanan POQ lebih besr di bandingkan dengan EOQ.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Dec 2023 09:12
Last Modified: 14 Dec 2023 09:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76075

Actions (login required)

View Item View Item